Cara Membuat Desain Logo

Mudah sekali, Cara setting ukuran pada saat handover+Brand identity pack (envelope, leterhead, facebook cover, dan business card)

Salam saya sampaikan kepada teman-teman yang selalu setia keluar masuk di situs konteslogo.net, karena saya sudah banyak sekali memposting tutorial-tutorial penting yang bisa memberikan masukan bagi kamu yang aktif di dunia kontes logo desain.

Tentunya masalah demi masalah pasti kamu temui saat aktif di dunia desain kontes, saya sendiri juga merasakan banyak kesulitan yang saya temui, kadang saya bertnaya ke forum desain atau mencari informasinya di youtube atau blog, dan kemudian dari masalah yang saya dapatkan itu biasanya saya posting kembali untuk catatan saya pribadi dan buat teman2 yang juga sama menemukan kesulitan yang saya alami.

Kali ini masalah saya adalah mengenai cara setting ukuran brand identity pack yang meliputi envelope, letterhead, business card dan facebook cover di situs 99designs, kontes 99designs banyak kategorinya, dan di antaranya adalah kontes logo desain + brand identity, dan kontes jenis ini biasanya memiliki prize yang gede. namun yang sering di alami oleh banyak desainer adalah mengenai ukuran yang sering tidak pas, maka dari sering muncul masalah itu pihak 99designs memberikan patokan ukuran yang di lampirakan pada design brief.

Membuat Brand identity pack (envelope, leterhead, facebook cover, dan business card) pada saat handover/ winner

Sebelum lebih jauh saya menjelaskan cara membuat desain brand identity agar cepat di approve karena memang ukuran dan caranya benar, saya jelaskan terlebih dahulu sebab akibat desain brand identity yang di upload selalu salah.

Ukuran Brand identity pack selalu salah

1. kamu hanya menggunakan software coreldraw, perlu kamu ketahui dan ini sudah saya coba sendiri, ketika kamu setting ukuran pada layout di coreldraw dan tentunya untuk text tidak di convert ke vector karena agar client bisa edit text sendiri, kecuali jika client memang hanya menginginkan bitmap (jpg, png) file saja. kita bisa lebih mudah dan setting layout di corel draw sudah selesai.

2. Ukuran desain kamu tidak menggunakan standar dari 99designs yang lampirakan, usahakan kamu ketika membuat desain brand identity menggunakan ukuran yang telah di lampirkan 99designs pada design brief, pada lampiran tersebut ada beberapa jenis ukuran desain, misal saja untuk desain business card ada versi US dan versi EU, versi US adalah versi Amerika dan EU adalah versi dari eropa.

Cara setting ukuran brand identity pack dengan adobe illustrator

Coba kamu bisa perhatikan dari ukuran desain envelope yang di lampiran oleh 99designs pada design brief berikut ini, berikut adalah desain envelope non US


Saya jelaskan sekarang maksud dari desain diatas, pada bagian judul adalah Non US envelope template, itu adalah salah satu envelope yang bukan standar di US atau amerika kemudian di lanjutkan dengan pada judul ada ukuran 221mm x 110mm, jadi panjang dan lebar desain kartu nama tersebut adalah 221mm untuk panjang dan 110 untuk lebarnya.

Safe area
Nah, kemudian di lanjut lagi untuk bagian yang berwarna hijau, garis tanpa putus yang paling dalam dan berwarna hijau dengan sub judul adalah safe area 208,3 mm x 97, 3mm yang artinya adalah semua material desain untuk area yang aman lebih baik jangan melebihi garis hijau tanpa putus tersebut, karena jika melebihi area aman apalagi sampai garis putus-putus maka akan terpotong untuk bagian text nya.

Trim Line
Pada bagian garis yang putus2 ini adalah bagian dimana artwork akan di cut, atau di potong jadi jika melebihi garis ini maka desain di anggap salah, kenapa salah??? ya karena ukuran background yang kita buat sebaiknya adalah area garis putus2 tersebut, yang mana garis putus-putus adalah garis standar.

Bleed area
area abu2 atau disebut bleed area adalah, dimana pada bagian tersebut adalah bagian yang mana akan dibuang, karena batas pemotongan ada pada garis putus2 saja.

Dan dari penjelasan di atas maka kesimpulanya adalah kamu harus setting menggunakan adobe illustrator, karena saya yakin, bahwa 90% di eropa dan amerika serikat adalah penggunak adobe, jadi lebih baik menggunakan settingan adobe untuk mengurangi miss. dan caranya mudah,

kamu tinggal pilih menu file kemudian new, dan setting ppi pada bagian ppi bisa kamu buat 300 ppi, apa sih itu ppi, kog ada ppi dan dpi, kamu bisa belajar di halaman konteslogo.net berikutnya mengenai perbedaan ppi dan dpi. di bagian ukuran kamu bisa perhatikan antara inch, pixel, mm, points, atai centimeters, saya berikan gambar settingan envelope non US pada gambar di awal, dan berikut adalah settinganya.


Dari settingan adobe illustrator di atas yang konteslogo.net tampilkan bisa menjadi panduan awal bagi kamu paling tidak mengurangi miss atau kesalahan upload ukuran brand idtentity pada saat handover, untuk kelanjutnya kamu bisa mengembangkan sendiri.

tags: ukuran adobe illustrator, adobe illustrator tutorial, 99designs brand identity, setting envelope

Artikel Membuat Logo Lainnya :

4 comments:

  1. Mas saya pengguna corel. Mohon bantuanya mas.. tolong buat tutornya identity di youtube mas..

    ReplyDelete
  2. Enter your comment...ada vidionya gak mas. biar lebi jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira2 kalo situs konteslogo saya buat group WA gimana?

      Delete
  3. ada, di tunggu saja bro, kira2 kalo situs konteslogo saya buat group WA gimana?

    ReplyDelete

Jangan meninggalkan link aktif

Copyright © 2015 Membuat Logo | Design by Bamz