Cara Membuat Desain Logo

3 Cara membuat Brosur, Leaflet, Pamflet dan Business Card dengan CorelDraw

Membuat Logo - Pengalaman ini saya dapat ketika saya sering mendapatkan project dari Contest Holder atau pemegang kontes dan biasanya ketika saya mengerjakan project design berupa Brosur, Leaflet, Pamflet dan Business Card banyak sekali masukan dari client, dan dari feedback atau umpan balik tersebut, saya jadi lebih banyak belajar lagi mengenai cara membuat desain brosur yang lebih baik dan profesional.

Saya dari awal desain menggunakan photosop dan coreldraw, namun saya lebih cenderung mudah menggunakan coreldraw dalam membuat desain Brosur, Leaflet, Pamflet dan Business Card. Ada beberapa tahap Cara membuat brosur yang benar dan baik ketika di cetak nantinya.

Berikut adalah langkah-langkah mengenai Cara Membuat Brosur

1. Menentukan Ukuran Desain Brosur, Langkah yang pertama cara membuat brosur adalah menentukan jenis brosur, anda akan membuat brosur dalam bentuk 3 fold ( lipat tiga), atau 2 fold ( 2 lipatan), dengan menentukan berapa lipatan yang akan anda buat, anda bisa memberikan bagaimana desain brosur yang cocok dan sesuai dengan jenis usaha klien anda. Misal saya berikan contoh membuat Tri-fold-Brochure (lipat tiga) dengan menggunakan CorelDraw.

  • Layout
  • Page Setup(rupah uluran menjadi inchi dengan ukuran 11"x8,5")
  • Kemudian OK
Dengan langkah diatas, maka anda akan mendapatkan selembar ukuran untuk membuat desain brosur yang siap di bagi menjadi 3 bagian dengan masing-masing ukuran adalah 3,687" untuk bagian depan dan tengah, kemudian 3,625" untuk bagian belakang. lihat pada gambar dibawah ini.

cara membuat brosur


Untuk menentukan ukuran dalam membuat Leaflet, Pamflet dan Business Card sama langkah yang bisa anda gunakan, tinggal merubah ukuran untuk masing-masing jenis desain saja.

2. Mengatur Text dan Paragraf pada desain Brosur, Pada bagian langkah yang kedua inilah yang membuat saya dulu sempat kebingungan, karena saya sering membuat Logo yang jarang sekali bermain-main dengan text dan paragraf, jadi saya sempat cari-cari sumber dan belajar banyak, untuk mengatur text di menu coreldraw sebenarnya sangat mudah, dan langkah nya adalah sebagai berikut.

  • Text Tool (F8) membuat text terlebih dahulu
  • Text (menu CorelDraw bagian atas)
  • Paragraph Formating
  • Spacing
  • Line
Dengan langkah di atas anda bisa mengatur jarak text di bagian atas dengan text dibagian bawahnya, sehingga kerapatan bisa mudah ditentukan, namun dengan catatan anda klik kanan terlebih dahulu pada bagian text sehingga muncul Convert To Artistic Text dan disitulah anda mengatur text dengan langkah-langkah diatas.

3. Membuat Desain Brosur, dalam langkah mengenai cara membuat brosur, desain merupakan bagian yang paling utama, karena dengan desain yang baik maka target yang dituju yaitu pembaca akan mudah memahami arti dari brosur tersebut, membuat desain kita bisa menggunakan tool yang ada pada coreldraw misalnya untuk gambar bitmap bisa dirubah menjadi blur untuk effek backgroundya, dan menggunakan Freehand ataupun Bezier untuk membuat vector.

Demikian Tutorial Cara membuat brosur, dan dengan keterbatasan penulisan, jika anda sulit untuk memahami tutorial diatas, saya juga membuat versi video yang saya upload di chanel yutube saya, dan bisa anda pelajari mengenai cara membuat brosur, silahkan subscribe dan tonton video tutorial desain yang lainya


tags: cara membuat brosur

Artikel Membuat Logo Lainnya :

Copyright © 2015 Membuat Logo | Design by Bamz